Senin, 11 April 2011 | By: Menulis Itu Mudah....

Rahasia Dibalik Taman Untan

Oleh: Evi Tarmila

Taman untan merupakan tempat yang asyik untuk bersantai, setiap malam tak pernah sepi dikunjungi oleh pengunjung baik tua maupun muda. Di taman ini memiliki kursi untuk duduk, serta banyak tanaman yang ditanam, disini juga ada tempat untuk bermain, seperti bermain basket dan sebagainya, tempatnya cukup teduh bila sore hari, tapi bila siang hari bersantai disitu pasti akan kepanasan karena pohon yang ada sangat sedikit. Bukan hanya sebagai tempat yang asyik untuk ngumpul bersama teman tapi taman ini juga dijadikan tempat pacaran bagi anak muda. Sekilas taman ini merupakan taman yang indah tapi bila anda masuk kedalam dan melihat langsung kedalam taman, maka akan banyak pemandangan yang sdikit aneh yang akan kita temui, salah satunya adalah banyak sekali para anak muda yang berduaan ditempat yang sedikit gelap,” bukannya marah tapi hanya risih saja, bukannya ini adalah sebuah taman universitas terkemuka di Pontianak masak tamannya dijadikan arena untuk pacaran, bukannya tidak boleh pacaran disini tapi sebagai Mahasiswa kita harus tau dimana tempat yang baik atau tidak untuk pacaran” tukas Yura mahasiswa Untan ini.

Memang tak dapat dipungkiri banyak sekali anak muda yang pacaran disini, seharusnya pihak Universitas lebih tegas dengan membuat papan peraturan jam batas berkunjung, karena banyak sekali para anak muda yang pacaran sampai larut malam, karena ini dapat meresahkan warga. Belum lagi ditambah banyaknya sampah yang berserakan di atas rumput yang sedikit gundul karena terinjak para pengunjung, sampah-sampah yang dihasilkan adalah plastik bekas mkanan dan minuman dan masih banyak lagi, seharusnya pmanadangan seperti ini sudah tidak wajar lagi untuk sebuah taman sebuah universitas terkemuka seperti universitas tanjungpura ini, karena semua mahasiswa merupakan orang-orang yang sudah terdidik dan berilmu tinggi, kita seharusnya sadar bahaw kebersihan itu sangat penting bagi kita sendiri maupun orang lain dan seharusnya kita juga berhak dan wajib menjaga taman yang merupakan kebanggaan kampus kita ini.

Sampah-sampah yang berserakan membuat mata sakit bila memandangnya, sampah-sampah seperti ini menimbulkan bau yang tidak sedap selain itu sampah teresebut menimbulkan banyak nyamuk yang membuat para pengunjung merasa tidak nyaman. Taman ini nyaman sekali buat ngumpul bersama teman tapi disini banyak nyamuk, mungkin karena sampah banyak beserakan disini, apalagi kalau malam nyamuk yang datang makin bertambah, tukas yura yang saat diwawancarai sedang menepuk nyamuk yang hinggap dikakinya itu.

Apabila kita berjalan melewati jalan A. Yani maka taman untan akan terlihat rapi dan bersih karena sampah tidak terlihat bila kita brada cukup jauh dari tempat itu, tapi yang membuat mata tercengang adalah tulisan Taman Universitas Tanjung Pura, yang terpampang besar , ternyata huruf N pada kata taman hilang,sehingga kata taman berubah menjadi Tama, entah tangan jahil siapkah yang jahil sehingga huruf sebesar itu bisa hilang. Menurut saya ini aneh karena kita ketahui tulisan itu cukup besar dan kuat, tapi masih saja ada tangan-tangan jahil tak bertanggung jawab merusak tulisan sebesar itu. Entah apa yang ada difikiran mereka sehingga merusak sesuatu yang sebenarnya adalah tanggung jawab kita sebagai mahasiswa untuk merawat dan melindunginya.

Novi mahasiswa Untan yang saya temui sedang bersantai bersama teman-temannya di taman untan mengatakan seharusnya tanaman-tanaman yang ada disini harus ditambah lagi karena sudah banyak yang mati, dan saya berharap taman ini bisa jadi taman yang indah dan pengunjung yang datang lebih banyak lagi, tukas mahasiswa cantik,berhidung mancung serta berambut panjang yang saya temui sedang asyik berbincang-bincang dengan temannya itu.

Banyak sekali tanaman-tanaman yang mati tidak tau apa sebabnya, mungkin karena tidak terawat atau sering diinjak oleh pengunjung kitapun tidak tau, seharusnya kita saling menjaga apa yang kita miliki, dan dari pihak fakultas juga harus meningkatkan penjagaan dan pengamanan di taman dengan mengutus satu atau dua orang satpam dan tukang kebun pembersih taman untuk menjaga keamanan dan kebersihan taman untan, sehingga taman untan terjaga dan terawat dengan baik. Kita sebagai mahasiswa juga harus bisa menjaga apa yang menjadi tanggung jawab kita, kita berkuliah di Untan, jadi kita juga harus menjaga dan merawarat apa yang ada di Universitas Tanjungpura ini, agar semakin indah dan terjaga karena semua ini demi kepentingan kita semua.

0 komentar:

Posting Komentar