Selasa, 05 April 2011 | By: Menulis Itu Mudah....

Calon Guru Berpenampilan Amburadul

Oleh: Raymundus Wendi

PONTIANAK-JURNALISTIK 08. FKIP Untan merupakan fakultasnya para calon pendidik. Pada dasarnya, mahasiswa yang berkuliah di FKIP, lulusannya akan terjun dalam dunia pendidikan. Walaupun tak semuanya akan menjadi guru, namun ketika mengikuti perkuliahan di FKIP hendaklah menggunakan pakaian dan berpenampilan yang rapi dan sopan.

Saat ini banyak sekali dijumpai mahasiswa FKIP yang menggunakan pakaian yang tidak sesuai dengan penampilan seorang guru. “Banyak mahasiswa lebih senang menggunakan pakaian yang terbuat dari bahan jeans dengan model yang menguncup/ model botol. Tak hanya itu, mahasiswa juga terkadang menggunakan kaos oblong ketika mengikuti kegiatan perkuliahan. Lebih parah lagi, mahasiswa laki-laki yang berambut panjang”, kata Matius, seorang mahasiswa FKIP Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Memang bukan standar ukuran resmi bila mahasiswa FKIP harus berpenapilan perfec layak seorang guru yang akan mengajar. Bastian, mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, mengatakan, “Sebagai mahasiswa yang kuliah di FKIP, minimal menggunakan celana/ rok yang terbuat dari bahan kain dan baju berkerah ataupun lebih baiknya menggunakan kemeja.”

Seorang mahasiswa FKIP, yang tidak mau disebutkan namanya, mengatakan, “Kami menggunakan pakaian seperti ini (celana jeans) sah-sah aja selama kami belum jadi guru. Lagian puas-puaskan aja dulu berpakaian sesuka hati, ada jag waktunya nanti pas udah jadi guru, pasti berubah.”

Berpenampilan rapi layaknya seorang guru bukanlah hal yang aneh bagi mahasiswa FKIP. Susepto, seorang mahasiswa Pendidikan Matematika, mengatakan, “Jika kita menggunakan pakaian yang rapi pada saat kuliah, pada saat mengajar di sekolah, kita sudah terbiasa dengan pakaian seperti itu. Hal ini adalah proses, proses pembiasaan terhadap kita“, tambahnya.

0 komentar:

Posting Komentar