Minggu, 13 Maret 2011 | By: Menulis Itu Mudah....

Layanan Akademik Online Untan Kurang Memuaskan

PONTIANAK. Lambatnya koneksi internet dan kurangnya jumlah unit komputer yang tersedia di ruang Pusat Komputer (Puskom) Untan menyebabkan banyak mahasiswa yang mengeluh.

Layanan akademik online yang disediakan Universitas Tanjungpura untuk mempermudahkan mahasiswa dalam mengakses berbagai informasi mengenai perkuliahan ternyata belum sepenuhnya berkerja dengan baik. Pengisian LIRS misalnya, mahasiswa harus mengantri hingga berjam-jam. Hal ini dikarenakan koneksi internet yang lambat serta jumlah unit komputer yang disediakan sangat sedikit.

Tentang layanan akademik online, Matius Satjiki, mahasiswa semester 6 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Untan mengatakan, “Jumlah komputernya sedikit, loading lama. Mau ambil satu mata kuliah perlu menunggu berjam-jam. Harusnya jumlah komputer yang ada ditambah lagi karena jumlah mahasiswa Untan banyak.”

Hal serupa juga dikatakan Suci Wahdaniah, mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Semester 6, “Sangat sulit diakses, sering ada ganguan, dan yang menggunakan banyak jadi sinyalnya lemah.” Ungkap Suci yang menggunakan laptop untuk mengakses layanan akademik online.

Selain dapat diakses melalui komputer yang tersedia di ruangan Puskom, layanan akademik online juga dapat diakses melalui laptop setelah menginstal program yang diberikan operator Puskom. Hal ini dilakukan untuk mempermudah mahasiswa dalam mengakses layanan akademik online tanpa harus mengantri di ruangan Puskom, namun tetap saja belum memberikan hasil yang maksimal karena jaringan sering ada ganguan dan sinyal lemah.

Sarana yang tersedia tidak sebanding dengan jumlah mahasiswa Untan yang hampir mencapai belasan ribu orang menyebabkan ruang Puskom selalu dipadati mahasiswa yang akan menggunakan layanan akademik tersebut.

Raymundus Wendi

1 komentar:

raymunduswendi mengatakan...

harusnya pihak universitas tanggap dengan keadaan ini...hahah(komentar sorang)

Posting Komentar