Selasa, 05 April 2011 | By: Menulis Itu Mudah....

Pemabuk yang Suka Memberi Nasihat

Oleh :Raymundus Wendi

Mendengar kata pemabuk tentu kita akan beranggapan orang tersebut adalah orang yang tidak baik. Anggapan tersebut memang tak salah. Orang yang pemabuk berarti hal mabuk itu adalah hal biasa yang ia lakukan. Orang mabuk sering kali membuat orang lain jengkel akan kelakuannya ketika ia mabuk.

Tapi seorang pemabuk yang saya kenal malah sering menasihati saya tentang kehidupan, perkuliahan dan pergaulan. Ketika mendengar bahwa ia adalah orang yang sering mabuk awalnya agak malas bergaul dengan dia. Tetapi karena ia orangnya suka bercerita, suka bergurau hal tersebut membuat saya merasa asik bergaul dengannya.

Minum minuman keras bukanlah hal yang aneh lagi bagi kita jika sudah menganal dia, kapan pun ia mau, ia selalu meneguk minuman keras itu, tak peduli siang, pagi, malam. Terkadang ketika mereka ngumpul bareng dengan teman-temannya di kostnya sambil minum-minum, nyanyi dan main gitar keras-keras seringkali membuat warga kost lainnya merasa terganggu. Yah yang namanya kalo udah ngumpul dengaan kawan ceritanya pasti seru, apa lagi mereka sambil minum. Penghuni kost lainya sangat jengkel kalau mereka ngumpul, karena selain rebut-ribut, mereka juga biasanya sampai subuh.

Ketika ia sedang dalam keadaan tidak mabuk, ia orang yang asik. Seperti yang sudah saya katakan di atas tadi, ia bahkan sering menasehati saya. Ia penah berkata jangan suka mabuk-mabuk kayak abang, minum boleh tapi usah minum bodoh-bodoh sampai mabuk, apa agi mau nyoba makai segala ganja. Memang kalau dilihat sekilas, agaknya aneh saja dia ngomong kayak gitu. Dia malah menasehati kita untuk tidak seperti dia. Mengenai perkuliahannya sepertinya dia bermasalah, tetapi dia malah sering menasehati untuk rajin-rajin kuliah dan jangan samapi kayak dia. Abang ni dah terlanjur, payah mau ngilangkan kebiasaan. Kitak yang masih muda-muda tu rajin-rajin usah kayak abang ni, kuliah jag bermasalah, malas dah abang ngurusnya.

Apa yang terjadi disini bukanlah suatu hal yang biasa, terkadang kita mendengar cerita, seorang pemabuk itu sering membuat keonaran dengan masyarakat lain karena tingkah dan kelalkuannya ketika ia mabuk, bahkan seorang yang suka minum atau mabuk terkadang suka mengajak kita untuk sama-sama mabuk dengan dia. Tapi seseorang yang satu ini beda, mungkin karena memang dasarnya ia adalah orang yang baik, tetapi karena pergaulan ia menjadi demikian.

Memang pergaulan sangat penting ketika kita hidup di kota besar. Pergaulan akan menentukan kemana kita akan melangkah. Artinya pergaulan sangat besar peranannya dalam kehidupan kita.

Memandang dari siapa yang member nasihat rasanya sangat janggal jika seperti yang dilakukan oleh pemabuk itu. Terkadang penilaian orang terhadap sesuatu itu hanya melihat dari tampilan luar yang biasa bahkan sering ia saksikan, tetapi ia tidak tahu bahwa apa yang sebernarnya ada dalam diri seseorang itu.

Terkadang sulit sekali untuk menemukan orang yang seperti dia, dia menasehati kita tetapi apa yang dia lakukan tidak sesuai dengan apa yang ia nasihatkan pada kita. Memang tak semua orang dapat dinilai dari kelakuan dan perbuatannya. Terkadang orang yang jahat sekalipun masih mempunyai hati yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar