Minggu, 27 Maret 2011 | By: Menulis Itu Mudah....

Perpustakaan FKIP Untan

Oleh:Eka Agustina

Perpustakaan merupakan rumah bagi gudang-gudang ilmu. Selain itu perpustakaan merupakan tempat mencari sumber informasi yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan. Perpustakaaan juga merupakan tempat mahasiswa bersantai sambil membaca buku-buku yang disediakan. Membaca buku-buku diperpustakaan tidak kalah menarik membaca buku-buku di tempat-tempat lain. Pada dasarnya setiap perpustakaan memiliki manfaat yang sama yaitu memberikan pelayanan kepada pembaca dan pencari informasi guna menambah pengetahuaanya.

Sebuah perpustakaan yang tereletak tepat di depan kelas S2 merupakan perpustakaan yang dibangun dan disediakan untuk mahasiswa FKIP Untan. Perpustakaan ini dibuka pada pukul 07.30 WIB dan istirahat pada pukul 11.30 WIB kemudian dibuka kembali setelah selesai waktu sholat dzuhur yaitu pukul 12.30. Menurut Pustaka Sari, seorang petugas perpustakaan mengatakan bahwa dalam sehari lebih dari lima puluh mahasiswa yang berkunjung ke ruang baca tersebut. Kebanyakan mahasiswa yang berkunjung adalah mahasiswa yang mencari bahan untuk materi kuliah. Selain itu juga ada mahasiswa yang dating untuk sekedar santai.

Perpustakaan yang tidak begitu besar ini, banyak menyimpan buku-buku yang dibutuhkan mahasiswa. Selain buku-buku juga terdapat beberapa novel koleksi serta cerpen-cerpen dan komik. Perpustakaan ini juga menyediakan proposal-proposal milik mahasiswa yang telah selesai kuliahnya, yang bisa dijadikan referensi untuk penulisan proposal mahasiswa lainnya.

Menurut Rusmarini seorang mahasiswa Program Studi Bahasa Indonesia mengatakan bahwa layanan fasilitas yang diberikan oleh perpustakaan tersebut sudah cukup baik. Apalagi dengan adanya mesin fotokopi tersebut sangat memudahkan mahasiswa untuk mendapatkan materi-materi yang tidak perlu membawa pulang buku-buku yang ingin dipinjam. Rusmarini juga menambahkan bahwa perpustakaan FKIP ini juga memiliki akses internet yang tentunya memudahkan mahasiswa mencari materi-materi untuk perkuliahan.

Menurut Puspita Lestari seorang mahasiswa PGSD saat ditemui di perpustakaan FKIP mengatakan bahwa fasilitas penyediaan buku-buku diperpustakaan ini lebih lengkap dari pada penyediaan buku-buku di perpustakaan Untan. Beliau juga menambahkan bahwa perpustakaan FKIP lebih bersih dan lebih rapi. Selain itu beliau juga mengatakan bahwa perpustakaan FKIP merupakan tempat mencari teman. Beliau bisa berkenalan dengan mahasiswa prodi lain sebab PGSD kampusnya terpisah dengan kampus induk yaitu kampus FKIP.

0 komentar:

Posting Komentar