Senin, 28 Maret 2011 | By: Menulis Itu Mudah....

HMPF MENJADI WADAH ASPIRASI MAHASISWA FISIKA

Oleh : Rusmarini

Mahasiswa tanpa organisasi adalah buta. Setiap mahasiswa mempunyai aspirasi yang berbeda-beda, begitu juga untuk biak-biak fisika. Untuk mendirikan sebuah wadah untuk menampung aspirasi anak fisika bukan sesuatu yang mudah. Hal tersebut diperlukan sebuah pengorbanan yang bukan sedikit, perlu kerja keras dan pantang menyerah. Untuk itu mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2003 sebagai Perintis pembentuk wadah untuk menampung aspirasi biak-biak Fisika bersama angkatan 2004 sehingga terbentuklah wadah yang disebut "Himpunan Mahasiswa Pendidikan Fisika (HMPF)".
HMPF merupakan wadah yang menghimpun aspirasi dari anak-anak fisika sejak berdirinya pada tanggal 24 Mei 2005. Sebelum berdiri, mahasiswa Pendidikan Fisika mengalami 2 tahun masa pembelajaran di HIMMAT (Himpunan Mahasiswa Matematika). Dalam masa tersebut telah banyak yang diperoleh sebagai bahan pelajaran yang digunakan HMPF ke depannya. Berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang masih sedikit MHPF berusaha dan berjuang untuk membagun sebuah organisasi yang dibangun dengan usaha dan kemampuan yang dimiliki oleh seluruh mahasisiwa fisika dengan visi dan misi yang mereka buat
dengan berbagai pertimbangan dan tujuannnya. Adapun visi dan misi yang dimiliki oleh HMPF adalah sebagai berikut.
Visi HMPF adalah menghimpun Mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP UNTAN dalam menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi, yaitu: 1) Penelitian dan pengembangan, 2) Pendidikan dan penalaran, 3) Pengabdian pada masyarakat. Sedangkan misi HMPF adalah 1) Meningkatkan serta membina kualitas pengkaderan sebagai pondasi awal HMPF FKIP Untan, 2) Menggali, mengembangkan, memantapkan potensi keguruan, intelektual, keorganisasian, civitas dan akademika HMPF FKIP Untan dan , 3) Meningkatkan dan mencerahkan kualitas mahasiswa sebagai pelayan masyarakat dan mahasiswa itu sendiri. Dengann visi dan misi inilah HMPF terus mengembangkan kualitas mahasiswanya dengan berbagai kegiatan dan prestasi yang telah dicapainya.
Setiap mahasiswa memiliki tujuan dalam berorganisasi begitu juga dengan HMPF ini mereka juga memiliki tujuan yang ingin mereka capai selama berkuliah. Mahasiswa-mahasiswa yang berdiri diatas nama HMPF ini berjuang dan berusaha membangun organisasi yang mereka anggap harus mereka perjuagkan seperti yang dilkuakan oleh organisasi-organisasi yang lainnya. Dari visi dan misi yang mereka miliki organisasi ini terus berjuangan dan berusaha untuk meperbaiki dan meningkatkan kulitas mahasiswa-mahasiswa yang ada di FKIP Untan khususnya Prodi Fisika.
Informan : Mariana Yunita (Kesekretariatan HMPF)

0 komentar:

Posting Komentar